Kamis, 31 Juli 2014

Waktu Belanda Mabuk Lahirlah Batavia



Buku ini diterbitkan oleh Buku Republika. Saya tertarik saat membaca judul sampul dan sinopsisnya.

Sinopsis :
Jan Pieterszoon Coen termasuk salah satu Gubernur Jenderal Hindia Belanda yang keji. Ia juga sangat ambisius. Ketika ia sukses menaklukkan Jayakarta, Coen lalu membangun kota di atas reruntuhan kerajaan itu. Dengan semangat sebagai pemenang Jenderal Coen menyiapkan sebuah nama untuk kota baru tersebut. Tentu saja bukan Batavia melainkan nama sebuah tempat yang memiliki kaitan sejarah dengan dirinya. Apa nama tersebut dan mengapa kemudian menjadi Batavia?


Sejarah Batavia selalu menarik untuk disimak karena berkaitan erat dengan cikal bakal lahirnya bangsa dan negara ini. Di sana juga banyak terdapat tempat, budaya, dan cerita unik yang hingga kini masih populer. Dan satu topik yang tak bisa lepas dari cerita tempo dulu tentang Jakarta adalah mengenai Cina. Sebuah komunitas yang sangat khas dan mereka hadir di Batavia lebih dulu ketimbang VOC.

Lewat penuturan yang renyah dan ringkas Abah Alwi, melalui buku ini, membawa kita masuk ke lorong waktu Jakarta Tempo Doeloe dan menemukan banyak kisah memikat.



Judul      : Waktu Belanja Mabuk Lahirlah Batavia
Penulis   : Alwi Shabab
Penerbit : Buku Republika
Jumlah halaman : 268 halaman
Tahun terbit : 2014
ISBN    : 978-602-7595-19-4
Harga   : Rp. 45.000,-

Tidak ada komentar:

Posting Komentar