Minggu, 30 Desember 2012

Dari Kecil Jadi Mudah





Judul : Dari Kecil Jadi Mudah
Penulis : Nurul Asmayani
Penerbit : Kalil, imprint GPU
ISBN : 978-979-22-8566-6
Cetakan : I / tahun 2012
Tebal : 186 halaman
Harga : Rp. 45.000

Mengajari anak balita beribadah? Duh, apa bisa? Apa tidak nanti saja saat usia sekolah?

Mungkin yang terbayang saat memikirkan pengenalan dan pengajaran ibadah kepada anak balita adalah segala macam kesulitan dan hambatan karena balita cenderung aktif. Ditambah dengan keterbatasan waktu dan kemampuan kita, lingkungan yang tidak mendukung, serta berbagai hal negatif lainnya. Padahal, mempunyai anak yang saleh dan gemar beribadah pasti merupakan dambaan semua orangtua.


Begitu kira-kira tulisan di cover belakang buku "Dari Kecil Jadi Mudah" karya Nurul Asmayani. Buku ini berisi tips-tips mengenalkan ibadah dari sejak anak belum dilahirkan, saat menyambut kelahiran, ketika anak mulai beraktivitas, anak usia batita hingga usia balita. Ibadah yang dikenalkan dimulai dari ibadah mudah, misalnya membaca syahadat, berwudu, gerakan shalat, doa harian, dan surat pendek. Buku ini komplit, dilengkapi bacaan dan dalil yang sebaiknya orangtua ajarkan untuk anak, jadi kita tidak perlu membuka buku rujukan lain.

Kalau menilik bab awal buku ini yang menjelaskan tentang pengkondisian kebiasaan ibadah dari masa kehamilan dan kelahiran, saya menyimpulkan bahwa mudah tidaknya mengajarkan ibadah tergantung dari bagaimana orangtua membiasakan dirinya sendiri dan memberi contoh. Jadi tidak bisa instant begitu saja.

Lalu yang anaknya sudah terlanjur besar bagaimana? Terlambat lebih baik daripada tidak sama sekali. Tidak ada salahnya memulai suatu kebaikan sesegera mungkin. Pada bab 7 tercantum ide-ide bagaimana mengajak anak bermain sambil belajar . Bagi anda yang bekerja, ada cara-cara pengajaran pada kondisi khusus misalnya saat pengajaran didelegasikan pada pengasuh. Pada bagian akhir disebutkan kesalahan-kesalahan orangtua yang membuat proses pengajaran gagal.

Mungkin anda mulai "putus asa" mengajarkan anak beribadah ditengah serbuan hiburan dan gadget. Jika iya, buku ini akan sangat membantu anda. Semangat ayah dan ibu !

Tidak ada komentar:

Posting Komentar